Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia

Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia - Hallo sahabat BISNIS TANPA MODAL, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ekonomi, Artikel Pelajaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia
link : Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia

Baca juga


Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia

Macam - macam Kebutuhan Manusia adalah pelajaran dasar ekonomi yang sudah mulai dibahas sejak kelas 10. Kebutuhan manusia merupakan materi pertama yang dimulai sejak semester pertama. Nah, disini saya berbagi ilmu tentang pelajaran ekonomi kebutuhan manusia secara lengkap.

Pengertian Kebutuhan

Manusia memiliki kebutuhan untuk bertahan hidup. Kebutuhan manusia berupa barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang berwujud, seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal atau rumah. Sedangkan jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud seperti kesehatan, pendidikan, hiburan dan rekreasi.

Macam-macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia selalu berubah dari waktu ke waktu karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa saja faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia? Berikut penjelasannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya kebutuhan manusia
  1. Sifat manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka peroleh dan mereka miliki.
  2. Adanya pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, yaitu rata-rata 2,1 juta jiwa per detik atau sekitar 65 juta orang per tahun.
  3. Kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, sedangkan sumber daya untuk menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sifatnya terbatas. Keadaan seperti inilah yang disebut kelangkaan (scarcity).


Keterbatasan sumber daya yang tersedia menyebabkan manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan yang bersifat individu dan kalektif. Misalnya, kamu sebagai anak mudah dihadapkan pada pilihan untuk membeli pakaian, buku pelajaran atau kebutuhan lainnya yang bersifat individu (pribadi). Sedangkan pilihan kolektif misalnya membangun jembatan untuk menyeberangi sungai kecil dan membuat selokan.

Macam-macam Kebutuhan Manusia

  1. Kebutuhan manusia dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
  2. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaanya
  3. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya
  4. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhan
  5. Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Kita akan bahas kebutuhan tersebut satu per satu karena ada pembagian masing-masing kebutuhan.

1. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaannya

Berdasarkan tingkat kepentingannya, kebutuhan dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

a. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer di sebut juga dengan kebutuhan dasar atau kebutuhan alamiah. Kebutuhan ini merupakan tuntutan secara alami yang harus dipenuhi oleh manusia. Sebagai contoh, manusia harus memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti makanan, pakaian, dan perumahan (sandang, pangan, dan papan) untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

b. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder atau kebutuhan pelengkap (Kebutuhan Kultural). Setelah kebutuhan primer terpenuhi, maka manusia masih memiliki kebutuhan lain, yaitu kebutuhan sekunder. Contoh kebutuhan sekunder adalah radio, televisi, buku, dan alat tulis.

c. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier di sebut juga dengan kebutuhan mewah, yaitu kebutuhan barang mewah. Contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, rumah mewah dan liburan ke luar negeri. Kebutuhan ini tentu tidak semua kalangan sanggup memenuhinya. Tapi, ini tidak seperti kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

2. Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

a. Kebutuhan Jasmani atau Kebutuhan Badaniah

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang dirasakan oleh unsur jasmani manusia terhadap barang dan jasa. Misalnya, pada saat kamu lapar dan haus, kamu butuh makan dan minum, di waktu udara dingin kamu perlu baju hangat, serta kamu perlu berolah raga agar badan tetap sehat. Sedangkan unsur jasmani terhadap jasa, misalnya, menonton film, liburan, dan tamasya.

b. Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkenaan dengan rohani. Misalnya, jika seseorang dalam keadaan stress (tekanan jiwa) berat, ia butuh psikiater atau psikolog. Selain itu, untuk menentramkan jiwa dan rohani manusia butuh beribadah menurut keyakinan agamanya masing-masing.

3. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhan

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

a. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi pada waktu sekarang dan sifatnya tidak dapat ditunda. Misalnya, bagi pelajar kebutuhan akan seragam sekolah, sepatu, buku-buku pelajaran, dan alat-alat tulis. Ini yang di sebut sebagai kebutuhan waktu sekarang.

b. Kebutuhan Waktu yang Akan Datang

Kebutuhan yang persiapannya dilakukan pada waktu sebelumnya untuk digunakan pada waktu yang akan datang. Contohnya, seseorang menabung untuk memenuhi kebutuhan membangun rumah atau untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Jadi, kebutuhan waktu yang akan datang sifatnya dapat ditunda. Penundaan pemuasan kebutuhan tersebut biasanya tidak akan memengaruhi kelangsungan hidup sehari-hari.

4. Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

a. Kebutuhan Perorangan/Individu

Kebutuhan perorangan adalah kebutuhan yang pemuasannya ditujukan bagi kepentingan individu/perorangan yang bersangkutan. Contohnya, kebutuhan akan obat jantung bagi penderita penyakit jantung dan kebutuhan buku-buku pelajaran bagi pelajar.

b. Kebutuhan Kelompok/Masyarakat

Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang pemuasannya ditujukan bagi kepentingan bersama (kelompok). Misalnya, pasar digunakan untuk berjualan maupun berbelanja dan rumah sakit digunakan sebagai tempat berobat oleh masyarakat.

Demikianlah artikel pengertian kebutuhan dan macam-macam kebutuhan manusia. Untuk materi barang dan jasa pemuas kebutuhan akan saya bahas pada artikel berikutnya.



Demikianlah Artikel Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia

Sekianlah artikel Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia dengan alamat link https://bisnistanpamodal000.blogspot.com/2016/08/pengertian-dan-macam-macam-kebutuhan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Kebutuhan Manusia"

Posting Komentar